paper teknologi (tulisan softskill bulan mei)

ABSTRAKSI

Riki Hamdani, 15410952.

PAPER TEKNOLOGI RANGKAIAN ELEKTRONIKA PENGAMAN KENDARAAN

Tugas Softskill, Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2014.

Kata kunci : Paper Teknologi, Rangkain Elektronika, Pengaman Kendaraan.

(2)

Karena susahnya untuk mendapatkan pekerjaan, namun kebutuhan hidup selalu harus terpenuhi maka tindakan criminal menjadi salah satu jalan pintas yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, bagaimana manfaat dari teknologi yang dapat digunakan sebagai pengaman kendaraan kesayangan kita dengan mengaplikasikan teknologi tersebut kedalam rangkain elektronika. rangkian elektronika yang dapat digunakan sebagai pengaman kendaraan adalah menggunaka reedswitch sebagai sensor, dan scr sebagi pengendali alarm, serta relay dan transistor sebagai pengatur rangkain.

 

 

(daftar pustaka : 2009)

           

1.1.            LATAR BELAKANG

 

Dalam kehidupan sehari-hari perkembangan teknologi semakin berkembang. Oleh karena itu teknologi bukanlah hal yang sulit dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Berikut penulis akan membahas salah satu pengaplikasian teknologi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum masuk kedalam pembahasan lebih lanjut, penulis akan membahas salah satu hal yang berkaitan dengan topic yang akan penulis bahas, yaitu adalah kendaraan transportasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab terjadinya macet pada kota-kota besar diakibatkan oleh banyaknya kendaraan transportasi baik yang bersifat pribadi ataupun kendaraan yang bersifat umum. Namun anehnya adalah semakin banyak kendaraan transportasi yang dimiliki oleh seseorang tidak berbanding lurus dengan adanya lapangan pekerjaan, dan itulah salah satu penyebab terjadinya tindakan criminal.

Karena susahnya untuk mendapatkan pekerjaan namun kebutuhan hidup selalu harus terpenuhi maka tindakan criminal menjadi salah satu jalan pintas yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, oleh karena itu pada paper ini akan dibahas bahas bagaimana mengunakan teknologi agar dapat menjadi media yang dapat menjaga atau melindungi kendaraan kesayangan kita, dan hal ini penulis mengaplikasikan teknologi tersebut kedalam bentuk rangkaian elektronika.

 

1.2.         TUJUAN

 

Tujuan dari paper ini adalah untuk menjelaskan bagaimana manfaat dari teknologi yang dapat digunakan sebagai pengaman kendaraan kesayangan kita dengan mengaplikasikan teknologi tersebut kedalam rangkain elektronika, pada paper ini pun akan dijelaskan bagaimana cara kerja dari salah satu rangkain elektronika yang dimaksut agar dapat bekerja, sehingga kendaraan kesayangan kita dapat terhindar dan terlindungi dari kemungkinan adanya tindakan pencurian kendaraan yang mungkin nanti kita akan alami.

 

1.2.1.      MASALAH YANG DIANGKAT

 

Dalam paper ini penulis masalah yang diangkat adalah bagaimana teknologi dagat diguanakan menjadi salah satu pengaman kendaraan yang dapat digunakan pada kendaraan sepeda motor dengan menggunakan media rangkain elektronika. Berikut adalah pembahasan dari rangkian elektronika yang dapat digunakan sebagai pengaman kendaraan.

 

  • Kondisi awal

Saat kunci kontak di ON kan arus dari accu melalui kunci kontak dan S2 akan langsung ke alarm (AL) yang dikendalikan oleh SCR 2P4M, secara bersamaan arus juga akan ke titik B dan ke gate SCR melalui resistor 47 K ohm yang akan memicu SCR dan langsung akan menyebabkan SCR tersebut bekerja. Dengan demikian SCR akan ON dan alarm (AL) akan mendapat tenaga dan berbunyi.

  • Kondis dengan reed switch

kontak harus di ON kan lagi bersamaan dengan mendekatkan magnet pada reed switch, Reed switch akan dihubungkan dan melalui resistor 47 K ohm, reed switch dan resistor 1 K ohm akan ke basis transistor 1 dan sekaligus meng ON kan transistor 1, demikian juga transistor 2, Dengan ON nya transistor 1 dan 2 menyebabkan relay mendapat tenaga, dan kontak-kontak pada relay akan berpindah posisi, Tegangan yang pada mulanya ke alarm (AL) akan diputuskan sehingga alarm berhenti, bersamaan dengan itu pulser juga diputuskan dari ground, Hal lain yang terjadi titik D akan dihubungkan dengan tegangan dari accu yang berfungsi mengunci kerja transistor 1 dan 2 dan sekaligus memberikan tegangan pada sistem kelistrikan pada sepeda motor tersebut, misalnya elektrik stater, pengapian CDI dll.

 image paper : Image

Sumber paper : http://antokbtb.blogspot.sg/2009/09/rangkaian-lengkap-pengaman-sepeda-motor_23.html

Link paper : http://antokbtb.blogspot.sg/2009/09/rangkaian-lengkap-pengaman-sepeda-motor_23.html

 

Posted on Juni 9, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: