TUGAS SOFTSKILL KE-2 (TEKNOLOGI INFORMASI & MULTIMEDIA#)

  1. Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC), Biasanya perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada di luar casing. Berikut Perangkat keras yang berada di dalam :
  • Motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.
  • Central Processing Unit (CPU) biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari computer berfungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan.
  • Random Access Memory (RAM) berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja.
  • Video Graphic Array (VGA) berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor
  • Hard Disk Drive(HDD) berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.
  • Optical Disc DriveOptical DriveOptical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD, berfungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.
  • Power Supply Unit (PSU) berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.
  • Dan komponen-komponen diluar casing seperti monitor yang berfungsi untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card), Keyboard dan Mouse sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh computer.
  • Dan perangkat keras komputer yang tidak semua komputer memilikinya seperti Uninterruptable Power Supply (UPS) atau yang disebut dengan istilah baterai cadangan, ytu berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam, Printer dan Scanner berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital, Speaker yang bermanfaat sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Sound Card (Kartu suara) berfungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker. Modem yaitu alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet. Dan LAN Card sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan.

2. Seperti yang sudah dijelaskan pada point pertama tadi bahwa hardware pada suatu computer terdiri dari berbagai macam dan            fungsi yang berbeda-beda, begitua juga dengan Video Graphic Array (VGA). VGA card atau kartu grafis adalah salah satu                      hardware komputer yang dimiliki oleh suatu media elektronik, VGA berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan                      pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki      VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai            VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya. Berikut gambar dari VGA :

vga

 

 

 

3.  Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam               suara. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3, yaitu :

  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire Sound Blaster Live.

Berikut adalah gambar dari sound card :

SOUND CARD

 

 

 

 

3.   CD-Rom drive adalah Alat pemutar CD ROM atau Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk. yang sering                   dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory), MO (Magneto-Optical), dan WORM (Write Once Read Many).Fungsi CD-             ROM drive adalah digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru                   dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang), berikut Macam-macam            CD-ROM DRIVE :

  • CD ROM DRIVE R adalah cd rom drive yang digunakan hanya untuk membaca saja fungsinya seperti cd rom pada vcd player atau pada cd player yaitu hanya dapat membaca apa yang ada di cd. Saat ini biasanya terdapat angka yang disertai dengan huruf “X” yang artimya kecepatan/kemampuan membaca dari cd rom drive.
  • CD ROM DRIVE RW adalah perangkat yang digunakan untuk menulis serta membaca cd-r dan cd-rw. Dalam memilih cd rom drive yang perlu di perhatikan adalah mengenali kecepatannya

Ini adalah contoh gambar dari CD-Rom Driver :

CDROM

 

 

 

5.   Printer dan Scanner merupakan hardware suatu computer. Tapi scanner merupakan hardware yang bersifat tambahan atau                 sebagai media pelengkap. Scanner berfungsi sebagai alat input data cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun               grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Tapi kini scanner dapat berfungsi                    sebagai printer yaitu kebalikan dari scanner yaitu memindai output data dari dalam komputer ke dalam bentuk teks.

Berikut gambar dari scanner :

SCANER

 

 

 

Sumber : http://perangkatkeraskomputer.net/

http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_suara

http://tentanghardware.blogspot.com/2011/02/cd-dan-dvd-rom-drive.html

Posted on Maret 17, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: