SISTEM INPUT OUTPUT

Tulisan berikut ini adalah kelanjutan dari penulisan sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis akan kembali membahas tentang bagian dari komputer, tapi kali ini penulis mengambil tema mengenai sistem input output. Sebelum masuk lebih dalam dari sistem input output lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu bahwa Komputer memiliki tipe komponen yang sama jika dilihat dengan tujuan umumnya, yaitu :

  • Prosesor (pemroses)
  • Memori
  • Penyimpanan sekunder
  • Perangkat Input (masukan)
  • Perangkat Output (keluaran)

Sekarang kita masuk ke topik utama yaitu sistem input output. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa input output sangat diperlukan pada suatu sistem, dari kata dapat diartikan bahwa input adalah masukan yang artinya  memiliki fungsi sebagai sesuatu yang dapat memasukan informasi atau data ke dalam suatu sistem, sedangkan output adalah sesuatu yang berfungsi untuk mengeluarkan atau menampilkan data atau informsi yang dikirim oleh input pada suatu sistem, berikut gambar sistem input output:


IO

Berikut adalah informasi mengenai sistem input output komputer secara lengkap.

  • PERALATAN INPUT (INPUT DEVICE)

Peralatan Input adalah Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan data, sehingga data tersebut dapat di olah oleh pemroses atau biasa di sebut Prosesor contoh :

  • Keyboard. Berfungsi untuk menginput data berupa huruf, angka, simbol ke dalam komputer.selain itu juga keyboard memiliki tombol khusus untuk mengoprasikan komputer
  • Mouse. Merupakan penggerak pointer yang ada pada komputer. alat ini memudahkan dalam mengoprasikan komputer
  • Scanner.berfungsi untuk memindai data yang tertulis di kerta, dan akan di transfer ke hard disk untuk di proses lebih lanjut.
  • Mikrophone. Berfungsi untuk menympan masukan suara dalam bentuk digital.
  • Kamera (Web Cam). Berfungsi untuk untuk merekam dan mengambil gambar. Biasa nya digunakan untuk Video Chat
  • PERALATAN OUTPUT (OUTPUT DEVICE)

Peralatan Output Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupahard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara (melalui Speaker).

Output device juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, Contoh dari perangkat Output :

  • Printer. Alat ini digunakan untuk mencetak hasil data yang telah diolah ke dalam bentuk kertas
  • Monitor. Alat ini menampilkan data yg telah di proses dalam bentuk tampilan, tidak seperti printer yang berupa kertas
  • Speaker. Alat ini digunakan untuk menampilkan hasil data dalam bentuk suara. digunakan utuk mendengarkan lagu DLL

Ada dua macam tindakan jika ada operasi I/O . Kedua macam tindakan itu adalah:

  1. Setelah proses I/O dimulai, kendali akan kembali ke user program saat proses I/O selesai (Synchronous). Instruksi wait menyebabkan CPU idle sampai interrupt berikutnya. Akan terjadi Wait loop (untuk menunggu akses berikutnya). Paling banyak satu proses I/O yang berjalan dalam satu waktu.
  2. Setelah proses I/O dimulai, kendali akan kembali ke user program tanpa menunggu proses I/O selesai (Asynchronous). System call permintaan pada sistem operasi untuk mengizinkan user menunggu sampai I/O selesai.Device-status table mengandung data masukkan untuk tiap I/O device yang menjelaskan tipe, alamat, dan keadaannya. Sistem operasi memeriksa I/O device untuk mengetahui keadaan device dan mengubah tabel untuk memasukkan interrupt. Jika I/O device mengirim/mengambil data ke/dari memory hal ini dikenal dengan nama (Direct Memory Access) DMA.

v  Direct Memory Access

Digunakan untuk I/O device yang dapat memindahkan data dengan kecepatan tinggi (mendekati frekuensi bus memori). Device controller memindahkan data dalam blok-blok dari buffer langsung ke memory utama atau sebaliknya tanpa campur tangan prosesor. Interrupt hanya terjadi tiap blok bukan tiap word atau byte data. Seluruh proses DMA dikendalikan oleh sebuah controller bernama DMA Controller (DMAC) . DMA Controller mengirimkan atau menerima signal dari memori dan I/O device. Prosesor hanya mengirimkan alamat awal data, tujuan data, panjang data ke DMA Controller . . Interrupt pada prosesor hanya terjadi saat proses transfer selesai. Hak terhadap penggunaan bus memory yang diperlukan DMA controller didapatkan dengan bantuan bus arbiter yang dalam PC sekarang berupa chipset Northbridge .

Sumber :     http://belajardasarit.blogspot.com/

http://padilpadilpadil.blogspot.com/2013/06/ilmu-dasar-komputer.html

https://www.google.com/search?

Posted on Desember 22, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: