ETIKA MENULIS DI INTERNET

Menulis merupakan kegiatan yang pasti dilakukan oleh setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari, baik menulis untuk kegiatan formal ataupun untuk sekedar kegiatan yang bersifat non formal. Menulis untuk kegiatan seperti membuat surat, membuat laporan, dan sebagainya, sedangkan untuk kegiatan non formal biasanya membuat sesuatu yang sekedar bersifat hobi seperti membuat tulisan harian yang berisikan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada suatu waktu tertentu.

Sesuai dengan perkembangan zaman, penulisan dari tahun ketahun akan memiliki manfaat tertentu untuk pembacanya, baik yang berguna sebagai media penyambung silaturahmi dan ada juga yang berguna sebagai media untuk menambah wawasan atau informasi. Pada dasarnya menulis menggunakan selembaran kertas sebagai media untuk membuat tulisan yang mungkin hanya bisa dibaca oleh orang-orang tertentu, namun dalam perkembangannya menulis telah dilakukan pada media elektronik dan media lain seperti komputer. Membahas komputer maka akan menyinggung sesuatu yang disebut dengan internet.

Internet merupakan salah satu media yang ada di zaman modern sebagai wadah dari berbagai macam tulisan dari berbagai daerah dan negara yang ada di dunia ini, dengan internet maka membaca tulisan kan semakin mudah didapat dan tulisan yang kita buatpun akan mudah dibaca oleh orang lain. Sejalan dengan mudahnya seseorang untuk mengakses internet guna mencari informasi yang dibutuhkan dan membuat suatu penulisan yang dapat dilihat oleh orang banyak sesungguhnya ada suatu hal yang wajib kita ketahui jika kita hendak membuat tulisan di internet , yaitu etika untuk membuat suatu penulisan di internet.

Berikut adalah berbagai macam etika yang wajib kita gunakan apabila hendak membuat suatu penulisan di internet :ulis di internet :

  1. Tidak mengandung unsur SARA.
  2. Menggunakan kata-kata yang sopan (tidak menggunakan kata-kata kotor tau menyinggung orang lain).
  3. Membuat tulisan dari diri sendiri tau tidak mempalgiat hasil karya orang lain.
  4. Jika membuat tulisan meenggunakan sumber dari orang lain maka masukan sumber informasi yang kita gunakan, baik yang diperoleh dari buku atau dari suatu URL tertentu.
  5. Menggunakan kalimat sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).
  6. Tulisan yang dibuat merupakan informasi yang benar dan bukan penulisan yang bertujuan untuk menimbulkan provokasi.
  7. Tulisan yang dibuat bertujuan utuk memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk orang lain, dll.

Jika dalam penulisan yang kita buat terkandung salah satu dari point diatas maka kita akan memperoleh suatu, di Indonesia aturan atau kaidah hukum mengenai etika menulis di internet pun sudah di undang-undangkan yang ditetapkan pada tahun 2008. Aturan itu adalah Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

Pada UU ITE perbuatan yang dilarang menyangkut isi tulisan tertuang pada BAB VII pasal 27 ayat satu sampai empat dan pasal 28 ayat satu dan dua.

  • Pasal 27

(1)       Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

(2)       Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatanperjudian.

(3)       Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatanpenghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

(4)       Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatanpemerasan dan/atau pengancaman.

  • Pasal 28

(1)      Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

(2)      Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Mengenai ketentuan pidananya tertuang pada BAB XI Pasal 45 ayat 1 dan 2

  • Pasal 45

(1)       Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

(2)       Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Dari informasi yang telah kita baca bersama, maka dapat diambil kesimpulan bahwa apabila hendak membuat suatu penulisan yana ingin di upload pada internet, sebaiknya memperhatikan etika dalam penulisannya sebab tulisan yang kita buat akan dapat dibaca oleh orang banyak dan untuk penulis memiliki tanggung jawab yang tinggi tehadap tulisan yang dibuat. Dan apabila tulisan yang penulis buat sesuai dengan etika yang berlaku maka penulis dapat terhindar dari sanksi dan denda yang berlaku.

SUMBER :

  1. http://saly-enjoy.blogspot.com/2011/10/etika-menulis-di-internet.html
  2. http://aditiodoank.wordpress.com/2011/02/22/etika-menulis-diinternet/

Posted on Oktober 1, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: