SUMPAH PALAPA DAN SUMPAH PEMUDA

  1. Apakah perbedan dan persamaan antara sumpah pemuda dengan sumpah palapa ?

Jawab :

 

Sebelum kita membahas persamaan atau perbedaan dari sumpah palapa dengan sumpah pemuda, akan lebih baik kita mngetahui terlebih dahulu isu daru kedua sumpah tersebut, yaitu :

Isi dari sumpah palapa

“ Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa ”

Terjemahan isi dari sumpah palapa “Apabila sudah kalah Nusantara, saya akan beristirahat, apabila Gurun telah dikalahkan, begitu pula Seram, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo,Bali, Sunda,Palembang, Tumasik, pada waktu itu saya akan menikmati istirahat”

Isi dari sumpah pemuda antara lain:

Pertama     : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu,   Tanah Air Indonesia

Kedua         : Kami putra dan putri Indonesia mengaku  berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Ketiga        : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia

 

PERBEDAAN

 

  • Ide sumpah pemuda lahir dari anak bangsa dari berbagai suku bangsa, daerah serta agama yang berbeda. Sehingga semangat persatuan itu benar-benar terwujud dan bersipat Nasional, sedangkan ide sumpah pemuda itu hanya dari orang-orang Majapahit saja. Belum pada tahap yang lebih luas. Sehingga ide dasar ini muncul hanya bersifat kedaerahan.
  • Sumpah pemuda terjadinya pada tanggal 28 Oktober 1928  dan dicetuskan oleh para pemuda yang berasal dari berbagai organisasi kedaerahan bersatu melaksanakan kongres pemuda. Mereka berasal dari Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie. Dan saat itu  Indonesia kondisinya di bawah penjajahan. Mereka tidak memegang kekuasaan, sedangkan sumpah palapa terjadinya pada tahun 1331, oleh salah satu kerajaan di pulau jawa oleh orang yang memegang kekuasaan waktu itu. Yaitu Gajah Mada sebagai patih di kerajaan Majapahit memiliki perangkat untuk mewujudkannya. Ia punya senjata, pasukan dan juga dukungan dari pihak kerajaan. Maka dengan itu Gajah Mada akan lebih mudah mewujudkan idenya tadi, Sedangkan sumpah
  • sumpah pemuda disebarkan atas kesadaran untuk bangkit dan lepas dari penjajahan. Di samping juga memecahkan mitos bahwa bangsa Indonesia ini tidak akan pernah bersatu. Itulah yang ada di benak orang Belanda waktu itu. Nah, penyebaran semangat sumpah pemuda ini juga berbeda dengan sumpah palapa. Caranya mengetuk perasaan setiap rakyat untuk bersatu. Menghilangkan rasa perbedaan. Demi satu tekad untuk merdeka. Maka tentu tidak ada kekerasan yang dilakukan. Inilah yang menurut penulis, sumpah pemuda ini bisa bertahan lama, Sementara penyebaran sumpah palapa dilakukan lewat kekerasan, katakanlah dengan perang. Logikanya Gajah Mada ingin mewujudkannya dengan jalan pintas. Bagi mereka yang tunduk tidak akan diperangi tetapi yang tidak mau patuh tentu akan dihancurkan. Hal ini tertuang dari isi sumpah yang yang di bacakan patih gajah mada tahun 1331; “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seram,tanjungpura, ring haru, pahang, dompo, ring bali, sunda, palembang, tumasik, samana isun amukti palapa”. Terjemahannya lebih kurangApabila sudah kalah Nusantara, saya akan beristirahat, apabila Gurun telah dikalahkan, begitu pula Seram, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, pada waktu itu saya akan menikmati istirahat” (Munadar, 2004:24).

 

 

PERSAMAAN

 

  • Sumpah Palapa dan Sumpah Pemuda mempunyai makna yang sama yakni persatuan dankesatuan. Hal ini telihat dari isi kedua sumpah tersebut, Bunyi Sumpah Pemuda “Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darahsatu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsaIndonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia” Pemuda Indonesia mengakui adanya persatuan dan kesatuan pada diri mereka .

Kurang lebih sama dengan apa yang telah dikumandangkan oleh Gajah Mada padaSumpah Palapanya, yaitu : Sumpah Palapa yang berbunyi Lamunhuwus kalah nusantara, isun amukti palapa”, atau dalam dalam bahasa Indonesia kurang lebih yang artinya “ Aku tidak akan makan buah palapa sebelum daerah di seluruh nusantara dipersatukan di bawahkekuasaan Majapahit” maknanya kurang lebih adalah Gajah Mada tidak akan pernah menyentuhdan merasakan kenikmatan duniawi sebelum Gajah Mada dapat menyatukan seluruh nusantaradi bawah panji Kerajaan Majapahit. Dari kata menyatukan dapat disimpilkan bahawa GajahMada

  • menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan di bumi nusantara
  • sama – sama menumbuhkan rasa cinta tanah air yang dicerminkan dengan tujuan mempersatuan bangsa .

 

 

KESIMPULAN

sumpah palapa dan sumpah pemuda sama – sama diciptakan oleh rakyat Indonesia yang memiliki tujuan untuk mempersatukan Indonesia atau nusantara, tetapi masi memiliki perbedaan yang sangat mencolok antara Sumpah Palapa dengan Sumpah Pemuda; yaitu :  waktu terciptanya kedua sumpah tersebut, tokoh yang terlibat dalam kedua sumpah tersebut, dan cara – cara penyebaran atau pemahannya. Dan Sumpah Pemuda yang telah berumur selama 80 tahun ini tidaklah akan hancur di telan zaman. Karena ide dasar yang diperjuangkan itu sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia ( Semangat persatuan  )

 

 

 

 

 

Posted on Desember 21, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: