MACAM-MACAM ALAT OPTIK

L U P

            Lup adalah lensa cembung, digunakan untuk mengamati benda-benda kecil agar lebih besar dan jelas. Syarat agar suatu benda dapat diamati secara jelas dengan memakai lup, Kaca pembesar atau lup digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung. Lup menggunakan sebuah lensa cembung atau lensa positif untuk memperbesar objek menjadi bayangan sehingga dapat dilihat dengan jelas.

Mikroskop

Sebuah mikroskop terdiri atas dua buah lensa cembung (lensa positif). lensa yang dekat dengan objek (benda) dinamakan lensa objektif, sedangkan lensa yang dekat mata dinamakan lensa okuler. Jarak fokus lensa okuler lebih besar daripada jarak fokus lensa objektif.

 

Top of Form

bagian-bagian mikroskop

 

 

  • LENSA OKULER
  • LENSA OBJEKTIF
  • TABUNG MIKROSKOP (TUBUS)
  • MAKROMETER (PEMUTAR KASAR),
  • MIKROMETER (PEMUTAR HALUS)
  • REVOLVER
  • REFLEKTOR
  • DIAFRAGMA
  • KONDENSOR
  • MEJA MIKROSKOP
  • PENJEPIT KACA
  • LENGAN MIKROSKOP
  • KAKI MIKROSKOP
  • SENDI INKLINASI (PENGATUR SUDUT)


Teleskop

            Teleskop atau teropong adalah instrumen pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati[1]. Teleskop merupakan alat paling penting dalam pengamatan astronomi. Jenis teleskop (biasanya optik) yang dipakai untuk maksud bukan astronomis antara lain adalah transit, monokular, binokular, lensa kamera, atau keker. Teleskop memperbesar ukuran sudut benda, dan juga kecerahannya.

Kamera

Kamera digunakan manusia untuk merekam kejadian penting atau kejadian yang menarik. Banyak jenis dan model kamera dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kamera yang dipakai wartawan berbeda dengan yang dipakai fotografer. Kamera video dipakai dalam pengambilan gambar untuk siaran televisi atau pembuatan film. Kamera elektronik (autofokus) lebih mudah dipakai karena tanpa pengaturan lensa. Dewasa ini sudah ada kamera digital yang data gambarnya tidak perlu melalui proses pencetakan melainkan dapat dilihat atau diolah melalui komputer.
Bagian-bagian kamera mekanik (bukan otomatis) menurut kegunaan fisis :

OHP (overhead-projector)

Proyektor atau OHP sering digunakan di dalam rapat maupun presentasi di kantor. Memudahkan dalam memaparkan sebuah ide ataupun menunjukkan grafik laporan kerja. Bentuk visual akan memudahkan presentasi ataupun pemaparan laporan. Kami juga menyediakan Proyektor atau OHP untuk kelancaran kinerja di kantor, dengan desain simple dan praktis, memudahkan dalam penggunaan, bahkan untuk pemula. Harga yang kompetitif dan kualitas produk menjadi jaminan mutu produk-produk kami. Selain proyektor, kami juga menyediakan alat-alat dan sarana kantor lain.

Episkop

Episkop alat optik untuk memproyeksikan image buram pada bidang yang datar, seperti kartupos, foto, halaman buku-buku, tetapi juga dapat menampilkan obyek 3 demensi ke layar,seperti koin, erangga dan dedaunan. obyeknya biasanya ditempatkan terbalik/ sungsang, kebanyakan di belakang lentera, kadang-kadang pada bawah atau atas lentera, gambar akan ditampilkan berbalik kembali oleh lensa proyeksi.Amat sangat ringan, sering dari dua sumber,sinari benda dari sisi.bagian dari cahaya yang ter-refleksi melewati lensa yang memproyeksikan gambar pada layar.Episkop adalah sebuah PROYEKTOR yang digunakan untuk menampilkan dua sisi slide dan obyek transparan. Kombinasi dari fungsi-fungsi yang diciptakan oleh episkop sangat ideal digunakan pada sekolahan.

Sumber :

aktifisika.wordpress.com/tag/lup/

bebas.ui.ac.id/v12/sponsor/Sponsor…/Fisika/

sulistyaindriani.wordpress.com/…/bagian-bagian-mikroskop-dan-fun..

bebas.ui.ac.id/v12/sponsor/Sponsor…/Fisika/0336%20Fis-3-3c.htm

rtn-alwaysforyou.blogspot.com/2010/…/ohpoverhead-projector.htm.

chrisdyansyah.byethost5.com/tag/episkop

 

Posted on Desember 21, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: